Percaya atau tidak, tulisan saya pada awal bulan Juni 2013 yakni: Tips Boarding Pesawat menyebabkan terjadinya rekor jumlah post visit terbanyak sepanjang sejarah blog saya berdiri pada tanggal 3 Juni 2013 yakni sebanyak 112 views dan 85 visitors, dengan visitors terbanyak berasal dari Facebook sebanyak 59 visitor.

Blog viewer

Setelah diselidiki lebih lanjut, saya meyakini bahwa sumber viewer dari Blog tersebut disebabkan oleh Dosen saya yakni Dr. Ahmad Rusdiansyah yang me-share tulisan saya di halaman Facebook beliau.

image

Kenapa? ya karena saya baru me-share tulisan tersebut pada malam harinya dan memang rata-rata viewer blog saya per harinya tidak terlalu banyak yang dari facebook saya.Ya, itulah Power dari Network Dosen saya.. Kalau tidak di Share oleh beliau mungkin rekor halaman saya tetap saja disebabkan oleh tulisan saya yang lama yakni terkait dengan 3 (tiga) hal ini:

Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri China

Pandangan Saya: Investasi Emas Untuk Naik Haji

Yang Unik dari Logo Peringatan HUT RI Ke-60 s/d Ke-66

Mungkin kalau dihitung dengan materi atau dengan beriklan di google melalui AdWords, saya harus membayar beliau paling tidak sebesar $0,20 per clicker dengan total sebesar kurang lebih $12 (Rp120.000,00 / traktiran 1 steak di Resto Rotterdam, Kupang, NTT =P) atas sharing link tersebut untuk 59 orang yang mengunjungi blog saya melalui promote beliau di Facebook =P Thank you, Sir.

Oh iya, visit dari Facebook beliau tersebut, kalau dilihat berdasarkan dari informasi WordPress, berasal tidak hanya dari Indonesia, kalau saya tidak salah ingat, terdapat 5 negara lainnya yang menjadi viewer atas link tersebut.. Ah, sayang saya tidak menyimpan gambarnya..

That is The Power of Network. Dari sini saya benar benar belajar apa itu Network. Setelah hal tersebut, entah mengapa saya tiba-tiba melakukan approval atas sebagian besar friend invitations di Facebook saya untuk memperbesar network saya. I learned a lot about my Network by managing this blog =)

Berikut beberapa hal yang saya pelajari atas jaringan network saya:

1. My social network is relatively small

2. My Facebook Network is Stronger than My Twitter

3. My Network is not diversed enough (maksudnya, jaringan saya terbatas pada orang-orang dengan background yang sama, misalnya Teknik, Kuliah, dan selanjutnya.. Maklum jarang berorganisasi pas kuliah).

Nah,

I need to manage my network: better, bigger and diversed.

Why?? karena sering kali opportunity itu datang dari jaringan yang kita punya dan mengingat bahwa kita tidak dapat hadir di banyak tempat di waktu yang bersamaan kita perlu membuat social bonding dengan jaringan-jaringan kita tersebut, entah melalui foto, tulisan, pertemanan, telepon dan lain sebagainya.

Selamat membangun jaringan! =D

Advertisements