Pernah ga penasaran dengan harga TV LCD? Hehe..

Dulu pas kecil, saya pernah penasaran mengapa harga TV tabung dengan Ukuran 21 inch bisa 2 kali lipat harga TV 14 inch?

Yah maklum pemikiran anak kecil waktu itu, saya bilang saja ke orang tua saya bahwa mendingan beli 2 buah TV 14 inch supaya bisa ditempatkan di 2 tempat dari pada 1 TV 21 inch..

Hehe =P

Namun demikian, seiring berjalannya waktu, akhirnya saya bisa menemukan kenapa harga TV yang perbandingan ukurannya tidak begitu besar tersebut (14:21 atau 2:3) itu bisa berbeda harga sampai 2 kali lipat.

Kata kuncinya adalah ukuran TV dan diagonalnya.

Kita mengetahui bahwa ukuran TV tersebut menggambarkan ukuran dari diagonal nya. Kita ambil contoh sebagai berikut:

Harga TV LED

Dari ilustrasi harga yang saya dapatkan dari situs bhin**ka.com tersebut diperoleh informasi bahwa LG TV LED 42 Inch harganya hanya sebesar Rp8.240.000 sedangkan LG TV LED 55 Inch harganya hanya sebesar Rp18.540.000.

Kalau kita lihat sepintas mungkin memang agak aneh, kok bisa TV dengan ukuran 42 Inch dihargai separoh harga dibandingkan dengan TV dengan ukuran 55 Inch. Tapi enggak ding soalnya kalau dihitung secara matematis sih cukup masuk akal, mari kita coba ilustrasi sebagai berikut:

TV 42 Inch

Dapat kita lihat dari ilustrasi tersebut bahwa selisih ukuran sebesar 13 Inch tersebut sebenarnya adalah perbedaan ukuran diagonal yang menyebabkan luasan dari TV ukuran 55 Inch berbeda secara signifikan dengan TV ukuran 42 Inch.

Nah, kalau secara matematisnya dengan ratio panjang dan lebar adalah 16 dan 9 diperoleh hasil sebagai berikut:

Diagonal TV LCD 42 Inch adalah 106,68 cm dengan sisi Panjang: 93,22 cm dan sisi Lebar: 52,44 cm

Diagonal TV LCD 55 Inch adalah 139,7 cm dengan sisi Panjang: 122,57 cm dan sisi Lebar 68,95 cm

(Kalo ga percaya coba deh hitung dengan rumus phytagoras =P)

Nah, hasil perkalian tersebut diperoleh bahwa luasan TV 42 Inch adalah 4889 cm persegi dan TV 55 Inch adalah sebesar 8452 cm persegi.

Jadi perbandingan luasannya adalah TV 55 Inch lebih besar adalah sebesar lebih luas sebesar 72% dibandingkan dengan TV 42 Inch.

Memang ilustrasi luasan gambar yang lebih besar 72% tersebut tidak dapat menjelaskan secara sempurna alasan dari harga TV 55 Inch yang mencapai 2 kali lipat TV 42 Inch. Namun, saya yakni bahwa itulah alasan utama yang signifikan dalam mempengaruhi harga TV dimaksud.

Atau lebih ekstrimnya, gimana kalau kita bandingkan TV 20 Inch dengan TV 40 Inch sebagai berikut:

TV 20 Inch vs 40 Inch

Jadi, dari ilustrasi TV 20 Inch dibandingkan dengan TV 40 Inch tersebut, dapat kita lihat bahwa TV 40 Inch adalah sama dengan 4 buah TV 20 Inch yang disusun seperti pada gambar.

Jadi kesimpulannya, jangan bingung seperti saya yak =D

Selamat menonton dan Semoga acara TV-nya bermanfaat!

Advertisements