Halo!

Perkenalkan nama saya Hendriyono Rachman. Saya adalah seorang engineer lulusan dari Teknik Industri – Institut Teknologi Sepuluh November yang saat ini bekerja di sektor keuangan. Oh iya, sebelumnya saya juga sempat mencicipi pekerjaan di dunia Teknologi Informasi sebagai Konsultan. Pada waktu kuliah, saya bergabung di Laboratorium Logistics and Supply Chain Management (LSCM) di bawah asuhan Prof. I Nyoman Pujawan (Guru besar Supply Chain Management pertama di Indonesia) dan Dr. Ahmad Rusdiansyah. Tugas Akhir saya adalah membuat Game Edukasi tentang penataan kontainer di kapal (random banget kan???).

Agak berat memang bagi seorang engineer bekerja di sektor keuangan. Saking desperatenya, dulu saya sempat email salah satu dosen yang suka menulis tentang ekonomi di Jawapos untuk dapat mengajarkan saya hal-hal tentang ekonomi. Dosennya baik sekali dan juga membalas email saya, tapi saya sendiri yang justru ga bisa bertemu dengan beliau. Untungnya, kemampuan menganalisis data dan menilai probabilitas yang diajarkan di kuliah sangat membantu dalam pekerjaan saya sehari-hari.

Oh iya, salah satu moto saya adalah “Trying to beat the market“.

Belajar dari Ahmad Dhani, dalam sesi penjurian Indonesian Idol tahun 2014, bahwa untuk mengetes kemampuan musik seseorang dapat dilihat dari 10 musisi yang dia kenal. Saya juga yakin bahwa anda dapat melakukan hal yang sama dalam menilai kemampuan teknis seseorang yakni melalui 10 buku yang dia baca/favoritkan (cobalah ke teman anda =P). Mayoritas buku yang saya baca memang di bidang keuangan. Otomatis, dengan demikian saya sudah tidak pernah lagi membuka buku di bidang saya dulu yakni Supply Chain Management, bahkan mungkin sudah lupa =).

Oh iya, lupa malahan tentang blognya. Hehe..

Saya memulai blogging sejak bulan Mei 2009. Saya memulai nge-blog karena saya ingin membagi perasaan saya kepada seluruh dunia (ceilehhh… haha). Kalau saya lihat-lihat lagi, dulunya post saya cukup labil (hehe..) namun seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman, posting saya saat ini lebih terfokus ke opini dan pengetahuan saya di bidang keuangan dan atau manajemen.

Saya memiliki harapan agar suatu saat ini blog ini dapat menginsipirasi orang lain. Kalau toh nantinya blog ini akan menghasilkan pendapatan, saya pastikan bahwa pendapatannya akan saya sumbangkan kepada orang yang membutuhkan.

Imam Al-Ghazali pernah mengatakan bahwa

Jika kau bukan anak raja atau bangsawan dan bukan anak ulama besar maka menulislah.

Saya meyakini bahwa maksudnya adalah bahwa jika anda ingin memperoleh penghasilan, perhatian dan atau tempat di hati masyarakat maka anda harus menulis.

Enjoy!

Oh iya, saya sangat senang kalau pembaca berkenang menyampaikan email atau berteman dengan saya di:

Facebook : Hendriyono Rachman

Twitter      : Hendriyono

Email          : hendri.rach @ gmail.com

Advertisements