Anda pasti sering melihat peta dunia kan?

Peta dunia adalah simplifikasi atas dunia (bumi) yang sebenarnya adalah berbentuk bola 3 dimensi yang kemudian diproyeksikan dalam peta 2 dimensi.

Peta dunia yang umum kita lihat adalah yang peta bumi yang seperti ini:

peta dunia

Peta dunia tersebut mengambil sudut pandang dengan menggambarkan Amerika, Afrika, Eropa, Asia dan Australia (dari kiri ke kanan). Permasalahannya disini adalah: adanya ilusi bahwa Asia dan Rusia letaknya sangat sangat jauh jika ke Amerika. Kemungkinan tersebut dapat terjadi karena 2 hal:

1. Kita benar-benar tidak mengetahui bahwa bumi itu bulat sehingga mempercayai kebenaran hal tersebut

2. Kita tahu bahwa bumi itu bulat namun tertipu dengan adanya penggambaran/sudut pandang dari peta tersebut.

Saya yakin ada beberapa pembaca yang masuk kategori 2 (tertipu karena sudut pandang) =P

Padahal, jika kita mengambil sudut pandang yang lain (peta yang jarang ditampilkan) mungkin kita tidak akan salah dalam mengambil kesimpulan diatas. Sudut pandang lain dari peta tersebut adalah sebagai berikut:

MILLER-075320

Dengan sudut pandang peta tersebut, sebenarnya kita ketahui bahwa Asia dan Rusia sebenarnya tidak terlalu jauh dengan Amerika sebagaimana digambarkan oleh peta sebelumnya.

Perbedaan peta tersebut sebenarnya adalah refleksi dari sudut pandang penggambar peta tersebut. Peta pertama adalah peta dari Eropa yang menunjukkan bahwa Eropa ada di tengah-tengah dari peta (pusat dunia). Sedangkan peta kedua adalah peta dari Asia yang menunjukkan bahwa Asia ada di tengah-tengah dari peta (pusat dunia)

Tidak ada sudut pandang yang sempurna. Kalau kita tidak memiliki helicopter view, kita bisa terjebat pada sudut pandang kita pribadi yang tentunya banyak memiliki kelemahan atau dalam bahasa baratnya disebut: “We only see what we want to see”

Tentunya yang mendekati sempurna itu adalah Globe (bola dunia). Itulah helicopter view yang tidak dapat didekati oleh peta buatan manusia. (Globe sendiri sebenarnya bukan pendekatan sempurna atas dunia kok =P)

1 lagi yang membuktikan bahwa peta tersebut adalah belum sempurna. Coba

norway to vancouver

Kalau ditanyakan kepada pembaca sekalian terkait dengan rute pesawat yang terpendek dari Oslo, Norway/Norwegia ke Vancouver di Amerika Serikat, pasti banyak yang menjawab dengan menarik garis lurus dari Norway ke Vancouver tersebut.

Tapi ternyata eh ternyata, mengingat bahwa bumi adalah bulat dan norway sangat dekat ke Kutub Utara, maka rute pesawat terpendek tersebut diperoleh dengan terbang melewati Kutub Utara sebagaimana gambar dari website berikut: Norwegia to Vancouver

map

OSL = Oslo, YVR = Vancouver

Dari ilustrasi tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa sudut pandang kita sebagai manusia itu seringkali adalah bias dan tidak sempurna. Kita perlu mempertimbangkan masukan-masukan dari orang lain, khususnya untuk memperoleh helicopter view. Lebih-lebih jika kita memang tidak mengetahui pokok permasalahan yang kita hadapi.

Baiklah, selamat memperbaiki sudut pandang!

=D

Advertisements