Saat ini semua orang semakin jago saja membuat report ataupun presentasi dengan tambahan tampilan grafik yang mewah indah.

Ya, tampilan report/presentasi dan grafik adalah hal penting yang harus dikuasai dalam membuat presentasi ataupun membuat report agar audience kita mengerti dengan mudah maksud dari hasil yang ingin kita tampilkan.

Yak, sekarang saya ingin berbagi cara membuat fan chart. Menurut saya chart ini sangat bagus jika kita ingin menampilkan proyeksi kita ke depan namun tetap ingin mengikut sertakan ketidak pastian didalamnya.

Misalnya: kita ingin menampilkan proyeksi jumlah penduduk dalam satu tahun kedepan dengan interval kepercayaan tertentu (misal 95%). Kalau kita ingin menampilkannya dalam 1 grafik, maka kita perlu menampilkan proyeksi jumlah penduduk (rataannya) disertai dengan rentang ketidak percayaan kita.

Grafik yang dapat mewakili hal tersebut misalnya:

Proyeksi pertumbuhan penduduk

Grafik ini sebenarnya sudah cukup bagus untuk menggambarkan bahwa kita memproyeksikan jumlah penduduk kedepannya dan kita juga sudah memasukkan interval kepercayaan 95% dalam grafik tersebut. Kekurangan dari grafik tersebut adalah kita tidak dapat mengetahui kemungkinan terbesar/area atas proyeksi jumlah penduduk di suatu daerah tersebut atau dengan kata lain memperkecil interval dari grafik. Kekurangan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Fan Chart.

Trivia: Fan Chart adalah Grafik dengan shaded bands (pewarnaan pada inteval ketidak pastian) sehingga terbentuk mirip sebuah kipas. Fan Chart ini digunakan oleh Bank of England sebagai proyeksi mereka atas perekonomian.

Kayak gimana sih bentuk Fan Chart itu? Nih….

Proyeksi pertumbuhan penduduk fan

Menurut saya, grafik tersebut memiliki informasi yang lebih kaya jika dibandingkan dengan grafik sebelumnya karena adanya informasi terkait dengan kecenderungan yang ditampilkan melalui tingkat kecerahan warna. Oleh karena itu, grafik ini sangat bagus kalau kita ingin menampilkan proyeksi kedepan dan ketidakpastian terkait dengan proyeksi tersebut.

Silahkan mencoba.. atau masih bingung gimana cara buatnya?? Tunggu posting saya berikutnya…

Advertisements