“To lead the orchestra, you have to turn your back on the crowd.” ~Max Lucado

Sebagai pemimpin dan pengambil keputusan, anda pastinya akan menghadapi suatu keadaan dimana terjadi penolakan dari beberapa kalangan terkait dengan keputusan yang anda ambil. So, how should a leader act? Turn your back on the crowd and focus to what you have planned and execute it correctly. Komunikasikan hal tersebut ke penonton (baca: stakeholders), bahwa kita akan melakukan sesuatu hal yang sesuai dengan tujuan bersama, walaupun mungkin harus ada yang dikorbankan dalam keputusan ini. Hmmm? Pemimpin kok mengorbankan stakeholders-nya? emang boleh? Inilah konsekuensi dari seorang pemimpin.

Tidak mungkin bagi kita untuk membahagiakan semua. Ambilah keputusan yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi sekarang. Saya berikan sebuah contoh kenapa sebuah keputusan tidak akan dapat memuaskan semua pihak. Contohnya adalah kurs Dolar. Kalau kurs dolar diintervensi sehingga terjadi penurunan dan kurs rupiah menguat, siapa yang senang? Yang senang ya pasti adalah Pertamina, Rakyat, dan Importer. Sedangkan kalau kurs dolar dibiarkan menguat, siapa yang senang? Jelas, Eksportir, Perusahaan Asing, Pemegang Devisa dalam bentuk Dolar. Tahukah anda? Pemerintah pun menyimpan cadangan devisa dalam bentuk Dolar. See? itu masih dalam konteks kurs, bagaimana jika terkait dengan keputusan yang jauh lebih besar dan kompleks? Bahkan, keputusan itu bisa serumit hidangan “buah simalakama” (dimakan: bapak mati, tidak dimakan: ibu mati).

“I don’t know the key to success, but the key to failure is trying to please everybody. ~Bill Cosby

So? Leader, Just be happy. Apapun keputusan yang anda ambil, cobalah untuk mengikuti prosedur dan tatacara pengambilan keputusan yang telah ditetapkan bersama. Seburuk atau sebaik apapun keputusan yang anda ambil, pastinya akan ada manfaat yang bisa diambil bersama.

Last but not least

“If you cant be the best, be different.”

I don’t know the key to success, but the key to failure is trying to please everybody.
Bill Cosby
Advertisements