Hmm,,
Waktu kerja sore ini, pada saat meeting, saya mendengarkan bahwa keinginan dari Direktur tempat saya proyek ini salah satunya adalah untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Hmm, gimana ya caranya untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan? Sebagai seorang teknik industri saya rasanya hanya lebih banyak tahu cara untuk meningkatkan profitabilitas dengan menurunkan biaya (efisiensi) atau dengan ekspansi.

Padahal cara untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan yaitu dengan efisiensi, efektifitas, ekspansi dan inovasi.

Definisi singkat dari cara-cara tersebut adalah:

Efisiensi = Biaya turun, keuntungan tetap
Efektif = Biaya tetap, keuntungan naik
Ekspansi = biaya naik, keuntungan naik dengan besar
Inovasi = Biaya turun, keuntungan naik

Manajemen

Semuanya memberikan peningkatan probabilitas, tetapi… Hmmm.. Setelah berfikir cukup keras terkait dengan kondisi perusahaan dan bisnisnya, kok saya tidak bisa ya menemukan hal-hal yang terkait dengan peningkatan profitabilitas dengan efektifitas dan inovasi. Lain jika saya disuruh untuk memberi saran terkait dengan efisiensi ataupun ekspansi.

==============================================================
Misalnya untuk efisiensi dan ekspansi-

Efisiensi: perencanaan rute, penataan di warehouse, perencanaan produksi dan spare part.
Ekspansi: pembelian equipment baru, dan rute baru.
______________________________________________________________________

Beh, susah juga ya ternyata. Mungkin ini yang membedakan teknik industri dengan jurusan bisnis. Saya sendiri sih tidak tahu apa yang dipelajari oleh jurusan bisnis, tapi mungkin (khususnya S2 bisnis atau MBA) mereka diajari tentang membaca keuangan, akuntansi, dan komunikasi pasar. Atau mungkin ini juga tidak diajarkan karena memang susah dan membutuhkan pengalaman dan pemahaman..

Mungkin juga ini adalah salah satu saran saya terkait dengan jurusan yang saya pelajari.Ya, akhirnya saya jadi lebih tau apa yang saya tidak tau dan harus saya pelajari. Dan saya percaya semua yang saya pelajari ini akan berguna bagi saya dimanapun saya berada nantinya.

Lesson learned:

“Ketahuilah apa yang tidak kamu ketahui. Karena jika kamu tidak mengetahui apa yang tidak kamu ketahui
sesungguhnya kamu tidak tahu sama sekali”.

Mari belajar dan terus belajar. Semangat!!

Advertisements