Fiuh, karena sekarang saya sudah lulus (menunggu kelulusan) berarti sudah waktunya bagi saya untuk bekerja. Minggu lalu, tanggal 15-17 Agustus 2009 saya berada di jogja untuk mengikuti job fair di UGM. Believe me, that looking for job is hard right now and creating job is even harder for me. Nah, saya tidak akan membahas tentang membuka lapangan kerja baru di post ini =]

Apa sih yang harus dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan? bagaimana prioritasnya?

Yup, hal yang harus dipertimbangkan dan diprioritaskan dalam memilih pekerjaan sangat bervariasi dari satu orang ke orang yang lain. Ada yang mengutamakan gaji, lokasi pekerjaan, lingkungan kerja, kondisi pekerjaan yang dinamis, nama perusahaan, jenjang karir, perusahaan asing, dan lainnya.

Tapi pernahkah anda mempertimbangkan tentang apa yang telah negara berikan kepada anda? SUBSIDI PENDIDIKAN. Subsidi pendidikan ini adalah subsidi dari negara yang diberikan pada pendidikan negeri mulai dari SD sampai dengan Universitas. Saya sendiri yang saat ini kuliah di ITS masih mendapatkan subsidi pendidikan tersebut. Ya, negara tepatnya rakyat indonesia telah banyak memberikan sumbangsihnya kepada kita lewat subsidi yang berasal dari pajak yang dipungut dari rakyat.

Anehnya, kita tidak pernah mempertimbangkan adanya subsidi pendidikan tersebut. Kita dengan bangganya bekerja di perusahaan asing baik di dalam maupun di luar negeri yang berarti bahwa kita melewatkan begitu saja kesempatan untuk memberi (mengembalikan) subsidi yang diperoleh dari rakyat tersebut kembali kepada mereka. Beberapa caranya adalah bekerja di perusahaan ASLI dalam negeri, bekerja di BUMN, atau menciptakan lapangan kerja baru. Bayangkan, dengan enaknya perusahaan-perusahaan asing tersebut membajak intelektual-intelektual muda padahal mereka tidak turut campur sama sekali dalam pendidikan di indonesia. Beasiswa? ouwwhhh, tidak ada bandingannya beasiswa yang mereka berikan terhadap total subsidi dari pemerintah. Data terakhir tahun 2005, tiap mahasiswa di ITS diberikan subsidi 8-10 juta per semester oleh pemerintah untuk menutupi beban anggaran kampus. Belum lagi tunjangan-tunjangan lain yang diberikan pemerintah seperti bus kampus, beasiswa, dan bebas SPP.

Ya, anda jelas tahu apa yang harus dilakukan =]

Hehe, cari kerja saja sudah susah, apalagi sekarang tambah satu kriteria lagi.. mbulet!!

ya, sudahlah.. semangat bagi anda yang sedang mencari kerja atau memulai pekerjaan. sukses selalu untuk kita semua!

Advertisements