Fiuh, thanks god it’s done…

Hari ini, tanggal 24 Mei 2009, saya menjadi seorang tutorial Visual Basic Application for Excel.

Hihihi, saya yang kemampuan programming-nya pas-pasan kok bisa-bisanya jadi tutor??
“voice over: kepedean mas!!”

“Btw, VBA itu apaan sih??”

VBA itu bahasa visual basic yang embedded dalam semua microsoft office (tidak hanya di excel, di word, visio, access, dan lainnya juga terdapat VBA didalamnya). Fungsi dari VBA itu biasanya untuk menambah tampilan, menambah fungsi, merubah shortcut, menghitung dalam jumlah yang banyak, meminimasi repetisi dari pekerjaan yang dilakukan, dan lain sebagainya..

Contoh dari VBA untuk excel yaitu menambahkan grafik secara otomatis untuk semua data yang kita inginkan, atau membuat shortcut untuk fungsi paste special – value only.

yah, saya tau kemampuan saya dalam programming sangat-sangat dangkal sekali. untungnya saya ada sedikit pengalaman dalam membuat program VBA for excel, walaupun bahasanya sangat-sangat naive sekali.. (hei, saya tidak hiperbol sama sekali waktu saya mengatakan sangat-sangat pada kaliamt saya diatas)

Tapi saya bahagia, karena saya yakin (semoga saya tidak GR) bahwa yang saya ajarkan sangat aplikatif dan sering ditemui di perkuliahan. Pelatihan hari ini berlangsung cukup sukses, walaupun peminatnya tidak terlalu banyak, 20 orang yang hadir, 15 orang yang bayar dan sisanya asisten LAB LSCM, tetapi saya rasa tujuan diadakannya pelatihan VBA for excel ini tercapai dengan cukup baik.

Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan suatu gambaran dasar dalam programming dengan bantuan excel terhadap mahasiswa Teknik Industri-ITS khususnya asisten Lab dan peminat mata kuliah Manajemen Distribusi.

Oh iya, tadi juga ada salah satu titipan, hehe titipan, yaitu anak asuh berjenis kelamin wanita dari dosen wanita yang menurut saya luar biasa dalam memotivasi mahasiswa yaitu ibu Maria Anityasari, PhD – sekarang beliau sedang hamil anak yang ketiga kalau tidak salah.
Anak asuh Ibu Maria tersebut sekarang sedang kuliah di Statistik ITS angkatan 2008. Yah, walaupun tadi dia bilang bahwa cara “mengajar” saya terlalu cepat dan dia tidak banyak mengerti mengenai programming, tapi dari sorot matanya saya yakin bahwa tutorial ini akan dia ingat dan akan sering digunakan di perkuliahannya.

Yah, moga-moga apa yang diterima dan didapat oleh saya dan teman-teman yang lain dapat berguna dan diaplikasikan di hari-hari selanjutnya. Semoga mereka dapat menemukan permasalahan yang sesuai dan dapat mereka selesaikan dengan kode-kode dasar yang saya berikan hari ini…..

Kerja praktek, tugas kuliah, praktikum, bahkan tugas akhir….

Amal yang terbaik salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat kan….

Hmppfff,,

Jadi terharu..

Shoutout to everyone that attended the training:

TERIMA KASIH dan dipakai yah ilmunya!! tidak lupa saya ucapkan banyak-banyak terima kasih..

Sampai jumpa di pelatihan-pelatihan berikutnya!!

Sungguh bahagia membahagiakan orang lain…

Advertisements